Arus Balik Lalin Pantura - Daendels Mulai Padat

0
Lamongan – Cuti bersama dan libur Hari Raya Idul Fitri 1434 H hingga H + 2, arus lalu lintas jalur pantura, Surabaya - Babat, jalan raya Daendels Gresik - Lamongan  cukup padat.

Arus padat itu  selain didominasi roda empat juga roda dua serta kendaraan pribadi roda empat. Bahkan kepadatan arus lalu lintas mencapai puncaknya diperkirakan  terjadi pada Minggu (11/8/2013)  dari pagi hingga sore  baik dari arah Barat dan Timur atau sebaliknya dan di sepanjang Paciran hingga Blimbing dan depan Wisata Bahari Lamongan (WBL).

Meski aru lalin padat,  namun arus tetap lancar dan tidak  ada kemacetan sepanjang jalur jalan raya - Babat Gresik dan jalan Deandels Gresik - Lamongan - Tuban. Surya yang mencoba memantau di jalur tersebut dan komunikasi dengan sejumlah petugas  pos polisi seperti di pos 1 perbatasan Gresik hingga pos 07 tidak ada kemacetan apapun. 

Meski arus lalu lintas padat, juga tidak ada insiden kecelakaan."Jalur Lamongan sampai hari  ini aman  dan tidak sampai terjadi kemacetan,"kata Kasat Lantas AKP Paulus Sujatmiko kepada Surya, Sabtu (10/8/2013).

Sementara itu,  titik kemacetan seperti biasa hanya terjadi di depan Pasar Babat segi empat perlintasan antara, Lamongan - Bojonegoro, Lamongan - Jombang dan Lamongan - Tuban.  Kemacetan bisa cepat diurai melalu jalur alternatif jalan Gotong Royong Babat.

Sedangkan perlintasan rel KA radius 200 meter dari Pasar Babat tidak sampai berakibat kemacetan.
Di jalur rawan kemacetan tersebut para pengemudi harus meningkatkan kewaspadaan dan kehati-hatian. Terlebih lagi, dalam kondisi cuaca hujan dengan terbatasnya jarak pandang menjadi kerawanan tersendiri dari terjadinya kecelakaan.

Bagaimana dengan jalur jalan Daendels Lamongan - Gresik dimana terpusat arena wisata Wisata Bahari Lamongan (WBL) ? Sujatmiko memastikan arus lalu lintasnya masih lancar dan terkendali meski ada peningkatan jumlah pengguna kendaraan yang melintas.

"Depan WBl siaga penuh petugas sejak H – 7 hingga H + 7 nanti. Petugas yang disiagakan di sepanjang jalan depan WBL selalu berusaha memberi himbauan pada pengguna jalan dan mengatur arus Lalin,”ungkap Sujatmiko.

Kondisi ini akan dipertahankan hingga plus 7 +. Perbaikan Jalan raya pantura dan jalan raya Deandels yang sudah rampung sebelum cuti bersama dan liburan Idul Fitri diakuinya sangat membantu kelancaran arus Lalin dan meringankan beban polisi.(rdi/pur)