Sebanya 8 Pesawat Hercules Siap Turun Cari AirAsia QZ 8501

0
MALANG - Sebanyak delapan pesawat Hercules milik skuadron 32 Lanud Abdulrahman Saleh Malang siap diturunkan untuk membantu pencarian pesawat Air Asia QZ 8501 rute Surabaya-Singapura yang dinyatakan hilanng pada Minggu (28/12/2014) kemarin.

"Kami siap jika sewaktu-waktu ada perintah dari Panglima Komando Operasi TNI AU wilayah Indonesia Timur," kata Kepala Pusat Penerangan Lanud Abdulrahman Saleh, Letkol Sutrisno, Senin (29/12/2014).

Di Lanud Abdulrahman Saleh sendiri saat ini ada 12 pesawat Hercules. "Empat pesawat digunakan untuk melakukan pengamanan wilayah Timur. Delapan pesawat dengan pilotnya dalam kondisi siap jika dibutuhkan," tuturnya.

Ia menambahkan, selama ini Skuadron 32 bertanggungjawab atas keamanan wilayah udara di bagian Indonesia Timur, yakni dari Madiun hingga ke Kalimantan wilayah Timur. "Seluruh pangkalan dilibatkan dalam koordinasi untuk mencari pesawat Air Asia yang hilang kontak. Tetapi tugas untuk Skuadron 32 belum turun hingga siang ini," tandas Letkol Sutrisno.(pur)