Jelang Malam Tahun Baru Alun-Alun Bebas kendaraan Bermotor

0
JEMBER - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Jember Jawa Timur (Jatim) akan melaksanakan Car Free Night (Malam Bebas Kendaraan Bermotor, red), di kawasan seputar Alun-alun Jember, pada malam pergantian tahun, 31 Desember 2014 mendatang.

“Pemerintah kabupaten Jember bekerja sama dengan Kepolisian Resor Jember akan melaksanakan Car Free Night pada malam tahun baru. Hal ini untuk memberikan kenyamanan kepada masyarakat yang akan merayakan pergantian tahun di sekitar Alun-alun,” kata Kepala Bagian (Kabag) Hubungan Masyarakat (Humas) Sekretariat Pemkab Jember Zainal Abidin, disela acara Gebyar Program Nasional Pemberdayan Masyarakat (PNPM) Pedesaan, di balai desa Semboro, Kecamatan Semboro, Rabu (24/12).

Menurutnya, kawasan sekitar alun-alun akan dinyatakan tertutup bagi kendaraan bermotor pada saat menjelang malam pergantian tahun sejak pukul 17.00 WIB hingga sekitar pukul 03.00 WIB. “Jadi yang boleh melintasi kawasan alun-alun hanya pejalan kaki dan sepeda angin,” ujar Zainal.

Penutupan kawasan untuk kendaraan bermotor dari arah barat akan dilakukan mulai pertigaan jalan Sultan Agung dan jalan HOS Cokroaminoto. Sedangkan dari arah utara, jalan menuju alun-alun akan ditutup mulai perempatan jalan PB Sudirman dan jalan Bengawan Solo. Sedangkan di kawasan tengah kota, jalan yang ditutup mulai pertigaan Jalan Kartini dan jalan Dewi Sartika.

Pada malam pergantian tahun baru itu, lanjut Zainal, kawasan alun-alun akan dijadikan kawasan jajanan murah. “Pada malam Tahun baru kawasan alun-alun akan diisi para PKL yang khusus menyediakan jajanan murah,” katanya.

Zainal mengatakan bahwa penutupan kawasan alun-alun untuk kendaraan bermotor pada malam pergantian tahun itu, semata-mata untuk memberikan rasa aman dan nyaman pada masyarakat. Pasalnya, pada setiap malam pergantian tahun, alun-alun selalu menjadi tujuan masyarakat untuk menghabiskan malam pergantian tahun.

Selain itu, sambungnya, penutupan kawasan alun-alun untuk kendaraan bermotor itu, dimaksudkan juga untuk menghindari adanya kebut-kebutan kendaraan bermotor astaupun balapan liar, karena dapat membahayakan warga masyarakat lainnya, yang memenuhi kawasan alun-alun.
Dalam kesempatan itu, Zainal juga menyampaikan bahwa Pemkab Jember bersama Kepolisian Resor (Polres) Jember akan mengerahkan petugas keamanan dari Polres Jember, Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP), dan Dinas Perhubungan (Dishub), untuk membantu masyarakat, dan mengarahkan kendaraan bermotor untuk menghindari kawasan sekitar alun-alun. (sal/pur)