Abu Vulkanik Gunung Sinabung Tak Sampai ke Medan

0
Medan (pemburunews.com) - Badan Meteorologi dan Geofisika (BMKG) Wilayah Sumatera Utara menyatakan, erupsi Gunung Sinabung yang saat ini menyisakan asap tebal, belum mempengaruhi udara di Medan, Sumut.

Meskipun ketinggian asap bercampur debu vulkanik mencapai 150 meter, namun jarak yang cukup jauh serta arah angin tidak akan membuat debu menyebar sampai ke Medan.

"Pantauan kita, memang sempat ada wilayah Medan yang terkena debu vulkanik, itu pun di daerah selatan kota yang memang dataran tinggi. Dan kejadian itu hanya terjadi saat erupsi pertama pada Minggu. Kalau sekarang enggak ada lagi, kita kan memang cukup jauh, dan arah angin cenderung ke timur, bukan ke arah Medan," jelas  Kabid Data dan Informasi BMKG Sumut, Hendra Suwarta, di Medan, Senin (16/9/2013)

Hendra juga mengatakan, erupsi yang terjadi di Sinabung, tidak akan memicu erupsi beberapa gunung lainnya di sekitar Sumatera. Namun potensi terjadinya gempa tektonik di sekitar gunung api lain, cukup besar.

"Secara ilmiah, letusan gunung berapi tidak memicu gunung-gunung berapi lainnya, apalagi yang gunung berapi itu letaknya terlalu jauh. Tetapi jika untuk memicu gempa tektonik di sekitar gunung itu mungkin terjadi, namun untuk letusan Gunung Sinabung sampai saat ini belum ada tanda-tanda kemungkinan akan memicu gempa tektonik," ujarnya.

Pantauan wartawan, debu vulkanik yang mengarah ke Medan, paling jauh hanya terasa hingga ke Kecamatan Sibolangit, Kabupaten Deliserdang. Volume debu pun cukup tipis, dan belum mengganggu aktivitas warga. (tbn/pur)